Syarat Beasiswa MEXT dan Tahapan Seleksi

Banyak para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan ke lebih tinggi terutama studi di luar negeri. Sebagian orang banyak yang menginginkan untuk pergi ke jepang, karena memilikiki kualitas pendidikan yang sangat baik. Apabila …

syarat beasiswa mext

Banyak para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan ke lebih tinggi terutama studi di luar negeri. Sebagian orang banyak yang menginginkan untuk pergi ke jepang, karena memilikiki kualitas pendidikan yang sangat baik.

Apabila kamu terta rik kuliah di Jepang, jangan sampai lupa untuk mencoba beasiswa MEXT. Namun sebelum itu, kamu harus melakukan Research Plan Beasiswa MEXT terlebih dahulu. Dikuti oleh beberapa sumber, beasiswa MEXT (Monbukagosho adalah beasiswa yang didanai langsung oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Jepang.

Beasiwa ini ditujukan pada putra-putri lulusan SMA/SML terbaik untuk melanjutkan kuliah di salah satu universitas di Jepang. Nah, di lansir dari Kobi Education berikut ini adalah cara yang dapat bagi kamu lakukan jika ingin mendapatkan beasiswa S2 dan S3 melalui program beasiswa MEXT.

Kapan Pendaftaran MEXT di Buka?

Beasiswa MEXT dibuka setiap tahun sekali. ini merupakan salah satu beasiswa yang cukup prestisus mengingat rangkain tesnya terkenal cukup sulit, kompetitif, dan calon penerima harus memiliki visi misi yang jelas akan pendidikan dan penelitianya.

Para kandidat yang ingin menjadi penerima beasiswa akan mengikuti serangkaian seleksi yang meliputi ujian tertulis, wawancara, dan persiapan sebelum berangkat ke Jepang.

Pendidikan beasiswa Mext untuk tingkat S1 berlangsung selama 4 tahun dengan tambahan 1 tahun masa persiapan. Bagi mahasiswa yang mengambil jurusan kedokteran, periode pendidikan bisa berlangsung hingga 7 tahun. Sedangkan untuk program Research Student (khusus S2/S3), periode beasiswanya berlangsung selama 2-3 tahun.

Berikut ini adalah bidang studi yang bisa kamu ambil:

  1. Undergraduate/Gakubu (Law, Politics, Sociology, Language and Literature, History, Economics, Business Administration, Electric and Electronic Studies, Science, Medicine, Dentistry, Agricultural Studies, Civil Engineering and Architecture, dll)
  2. Research Student
  3. Research Student (U to U)
  4. College of Technology/ Kosen
  5. Specialized Training College/ Senshu
  6. Teacher Training
  7. Japanese Studies

Syarat Mendaftar Beasiswa MEXT

Setelah mengetahui beberapa program studi yang ditawarkan, berikut ini kamu berikan beberapa syarat mendaftar beasiswa MEXT.

Syarat Mendaftar MEXT Program Sarjana:

Syarat-syarat untuk mengajukan beasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Harus memiliki ijazah dari sekolah formal tingkat SMA/SMK atau sederajat.
  2. Usia maksimum calon penerima adalah 24 tahun.
  3. Nilai minimal semester 1 hingga 5 harus mencapai 84 untuk setiap mata pelajaran, termasuk Matematika, Bahasa Inggris, dan Kimia (Kimia khusus untuk jurusan IPA).
  4. Calon penerima bisa memilih minimal satu dan maksimal tiga bidang studi.
  5. Harus memiliki sertifikat JLPT minimal level N3.
  6. J-Tes minimal harus mencapai level D-E (500 poin).
  7. Untuk NAT-Test, minimal harus mencapai level 3.
  8. EJU minimal harus mencapai 240 poin untuk tes Bahasa Jepang.

Syarat Mendaftar MEXT Program Pascasarjana:

Syarat-syarat untuk mendaftar program pascasarjana adalah sebagai berikut:

  1. Calon pelamar harus memiliki ijazah S1 atau setara.
  2. Usia maksimum calon penerima adalah 34 tahun pada saat mendaftar.
  3. IPK minimal yang dibutuhkan adalah 3.2.
  4. Pelamar dapat memilih minimal satu dan maksimal tiga bidang studi.
  5. Calon penerima harus memilih program studi yang masih satu rumpun dengan program studi sebelumnya.
  6. Diperlukan sertifikat JLPT minimal level N2.
  7. Calon penerima harus bersedia untuk belajar bahasa Jepang bagi yang belum lancar berbahasa Jepang.

Proses Seleksi Beasiswa MEXT

Terdapat dua tahap seleksi beasiswa mext yang harus kamu lakukan, pertama tahan primary screening dan tahan secondary screening. Berikut selengkapnya

Seleksi Primary Screening

Pada tahap ini, peserta akan mengikuti berbagai seleksi seperti berikut:

  1. Seleksi Dokumen: Jika peserta lolos seleksi dokumen, mereka akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tulis.
  2. Ujian Tulis: Bagi peserta yang lulusan SMA, ujian tulis akan mencakup Bahasa Inggris, Matematika, dan Bahasa Jepang. Selain itu, bagi mereka yang mengambil jurusan IPA, akan diujikan juga dalam Kimia, Fisika, dan Biologi.
  3. Ujian Wawancara: Ujian wawancara akan dilaksanakan di kantor Kedutaan Besar Jepang.

Seleksi Secondary Screening

Tahap ini ditujukan bagi peserta yang lolos seleksi awal. Berikutnya, berkas yang mereka ajukan pada tahap awal akan bersaing dengan berkas dari peserta dari negara lain. Peserta yang berhasil lolos seleksi ini akan menjadi penerima beasiswa.

Kesimpulan

Nah itu dia artikel tentang syarat beasiswa MEXT dan Tahapan Seleksinnya. Semoga bermanfaat

Rate this post

Memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

Tinggalkan komentar